Kamis, 07 Februari 2013

PROGRAM KERJA





PROGRAM KERJA DAN RENCANA ANGGARAN
KEGIATAN EKSTRA KURIKULER
TAPAK SUCI
SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT












Description: F:\Adhunk Nugrozevic\ts.jpg
 


























KEGIATAN EKSTRA KURIKULER
TAPAK SUCI
SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT
2013










Description: F:\Adhunk Nugrozevic\ts.jpgTAPAK SUCI
SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT
Jl. Garuda No. 9 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal
 


PROGRAM KERJA DAN RENCANA ANGGARAN
TAPAK SUCI
SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

I.             UMUM

1.      Berkat rahmat Allah SWT dan do’a serta bantuan dari bebagai pihak Program Kerja dan Rencana Anggaran Tapak Suci SMK Muhammadiyah Kramat Tahun Pelajaran 2012/2013, dapat disusun sesuai dengan kemampuan meskipun masih banyak kekurangan dan adanya berbagai hambatan.
2.      Tapak Suci SMK Muhammadiyah Kramat Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam melaksanakan kegiatan perlu adanya Program Kerja agar dapat dijadikan acuan bagi pembina dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan keadanya yang diinginkan dalam masa satu tahun secara berkesinambungan dan bertahap dengan skala prioritas.

II.          PENDAHULUAN

Tapak Suci adalah beladiri asli dari Tanah Suci Mekah yang langsung dibawa oleh  K.H. Ahmad Dahlan ke Indonesia dan dikembangkan di Kota Jogjakarta dan berkembang disana hingga menghasilkan pelatih yang mampu menyebarkannya ke seluruh Nusantara.
Setelah ditetapkan berdiri pada malam Jum’at Tanggal 10 Rabiulawwal 1383H, atau bertepatan dengan 31 Juli 1963, di Kauman, Yogyakarta dideklarasikan berdirinya persatuan pencak silat Tapak Suci yang digariskan bahwa: (1) Tapak Suci berjiwa ajaran K.H Ahmad Dahlan; (2) Keilmuan Tapak Suci Metodis Dinamis; (3) Keilmuan Tapak Suci bersih dari syirik
Pada usia enam bulan Tapak Suci dapat tampil yang pertama dihadapan masyarakat yaitu pada pagelaran Pencak Silat dalam Ta’aruf pembukaan Kongres Islam Asia Afrika di Kepatihan, Yogyakarta
Pada tahun 1964, Tapak Suci secara de facto sudah merupakan gerakan Muhammadiyah. Lambang Sinar Matahari pun dimasukkan ke dalam lambing Tapak Suci sebagai identitas bahwa Tapak Suci adalah gerakan Muhammadiyah. Sebutan perguruan dilengkapi menjadi Tapak Suci Putera Muhammadiyah, berdasarkan kenyataan bahwa Tapak Suci didirikan oleh putera – putera dari keluarga – keluarga Muhammadiyah.
SMK Muhammadiyah Kramat sebagai salah satu AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) merupakan amal usaha yang bergerak di bidang pendidikan tentunya tidak lepas dari nilai – nilai ajaran K.H Ahmad Dahlan sang pendiri Muhammadiyah. Salah satu ciri dari Muhammadiyah adalah adanya perguruan Tapak Suci. Maka dari itu kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SMK Muhammadiyah adalah kegiatan ekstra kurikuler yang wajib dilaksanakan oleh siswa SMK Muhammadiyah Kramat.
Di harapakan dengan adanya kegiatan ini SMK Muhammadiyah Kramat dapat menjadi pelopor adanya Perguruan Tapak Suci di lingkungan Muhammadiyah.







III.       PENGERTIAN  DAN TUJUAN

Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
-          Memberikan pelajaran dan bimbingan pencak silat sebagai ilmu bangsa yang bermoral
-          Memberikan pencak silat yang jauh dari pengaruh ilmu – ilmu sesat yang diwarnai dengan syirik, bid’ah, tahayul dan khurafat
-          Sebagai pelopor dan pelangsung amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah di lingkungan SMK Muhammadiyah Kramat.


IV.       DASAR
1.      Q.S AL ALFAL, ayat 60;  "Dan sediakanlah untuk (melawan )mereka , apa-apa yang kamu bisa dari pada kekuatan  dan daripada persesiaan kuda-kuda yang bisa kamu takutkan dengannya akan musuh ALLAH dan musuh kamu . Dan (musuh) lain dari dari mereka yang kamu tidak tahu(tetapi ) ALLAH  mengetahui mereka :karena apa-apa yang kamu belanjakan di jalan ALLAH , akan disempurnakan (ganjarannya)kepada kamu ,dan kamu tidak akan dianiaya "
2.      Dengan rahmat ALLAH Subhanahu Wata,ala dan didorong oleh semangat ber-ibadah menurut agama Islam , kesadaran akan fungsi angkatan muda dalam Muhammadiyah sebagai pelopor , pelangsung dan penyempurna Gerakan Muhammadiyah pada tanggal 10 Rabi,ulawwal 1383 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 Miladiyah di Yogyakarta lahir organisasi Perguruan Seni Beladiri Indonesia TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH dengan ikhlas mengabdikan dirikepada Agama, Bangsa dan Negara.
3.      Keputusan Kepala SMK Muhammadiyah Kramat Nomor: 008 /KEP / 103.28 / SMK Muh / I / 2013 tentang Undang – Undang Nomor 2 Thaun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah Nomor 28 dan 29 Tahun 1990. SK Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Nomor : 007/SK.MPDMPPM/III,A2/2.b/1998


V.          PEMBIAYAAN TAPAK SUCI
Untuk mencapai tujuan program yang telah ditetapkan, maka diperlukan dukungan pembiayaan untuk pelaksanaan pembinaan dan pemberian penghargaan Tapak Suci yang diperoleh dari berbagai sumber antara lain :
1.    Rencana Kerja Anggaran Sekolah SMK Muhamamdiyah Kramat
2.    Rencana Anggaran Dana Tapak Suci SMK Muhammadiyah Kramat
terlampir.


VI.       KALENDER KEGIATAN PROGRAM KERJA TAPAK SUCI SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT

Sebagai panduan dalam implementasinya, maka di tetapkan sebuah rancangan waktu kegiatan dalam siklus program Kerja Tapak Suci. Jenis kegiatan dan rencana waktu dimaksud terlampir.

VII.    PEMBINAAN DAN PENCETAKAN KADER TAPAK SUCI

1.    Pengertian Pembinaan Adiwiyata ;
Suatu  tindakan yang dilakukan oleh organisasi/ lembaga atau pihak lainnya melakukan pembinaan dalam meningkatkan pencapaian kinerja program Tapak Suci yang berdampak positif terhadap kepribadian seseorang.

2.    Tujuan Pembinaan
a.    Meningkatkan kemampuan siwa dalam ilmu bela diri
b.    Meningkatkan Iman dan Takwa kepada Allah SWT
c.    Menciptakan Kader Tapak Suci dalam lingkungan Muhammadiyah


VIII. PENUTUP
Demikian Program Kerja dan Rencana Anggaran Tapak Suci SMK Muhammadiyah KramatTahun Pelajaran 2012/2013 kami buat, atas perhatianya kami ucapkan terima kasih.

            Kramat,  Januari  2013


KEGIATAN EKSTRA KURIKULER
TAPAK SUCI
SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT




Waka Kesiswaan,



ISMAIL, S.Pd.
NBM. : 698329

Pembina,
AGUNG NUGROHO, S.Pd
NBM. : 11 34 666
Mengetahui
dan disyahkan,
Kepala SMK Muhammadiyah Kramat
Selaku Ketua Pemimpin Qobilah



ABDUL WAHID, S.Kom
NBM. : 988 275


















1 komentar: